Ilham - Call / WA +6281267 45797...........


5 Fakta Menarik Tentang Nagari Pariangan Sumbar, Desa Terindah di Dunia Menurut Media Pariwisata Amerika

 

Kisah Nagari Pariangan, Desa Terindah di Dunia yang Enggan Disebut ''Desa''

 

Nagari Pariangan Destinasi Wisata Desa Terindah Di Dunia – BAKABA | Bangun  Karakter Bangsa

 

Nagari Tuo Pariangan Desa Adat Terindah yang di Akui Dunia
Salah satu majalah pariwisata internasional dari New York, Amerika, Travel Budget, pada 2012 silam menjadikan Nagari Pariangan sebagai desa terindah di dunia bersama desa-desa lainnya di dunia, seperti Niagara on The Lake di Kanada, Cresky Krumlov di Republik Ceko, Wengen di Swiss, Shirakawa-go di Jepang, dan Eze di Prancis.

Terletak di Sumatra Barat (Sumbar), Nagari Pariangan berhasil membuat dunia terpana melalui keindahan alamnya sehingga berhasil menjadi salah satu desa terindah di dunia yang disejajarkan dengan desa Niagara on The Lake di Kanada.

Lokasi
Desa Nagari Pariangan terletak di Lereng Gunung Marapi, tepatnya di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Lokasinya sekitar 95 kilometer dari utara Kota Padang, dan 35 kilometer dari Kota Bukittinggi. Nagari Pariangan juga berada di antara Kota Batusangkar dan Padang Panjang. Nagari Pariangan memiliki luas 17,97 km2.

Suhu Udara
Nagari Pariangan yang secara geografis berada di ketinggian sekitar 500-700 meter di atas permukaan laut membuat udaranya begitu sejuk. Berada di wilayah pegunungan membuat panorama alam di Nagari Pariangan begitu luar biasa. Terlebih lagi Gunung Marapi masih aktif hingga saat ini, meski beberapa waktu lalu sempat terjadi erupsi. Gunung tersebut diketahui terakhir meletus pada 2014.

Bangunan
Nagari Pariangan termasuk yang terbaik dalam menjaga rumah adat tradisional yang disebut Rumah Gadang (Bahasa Minang, rumah besar), sehingga sampai sekarang masih dijumpai banyak yang terawat dengan baik. Fakta menariknya lagi rumah-rumah tersebut dibangun masyarakat desa secara tradisional dan tanpa menggunakan paku.

Pada nagari ini juga masih dijumpai surau, yang masih menjadi tempat tinggal untuk pria yang belum menikah dan pada bagian tengah dari nagari ini masih berdiri sebuah masjid tradisional yang cukup besar yang diperkirakan sudah ada di awal abad ke-19, yang memiliki tempat pemandian umum berair panas yang masih digunakan sampai sekarang. Di Nagari ini juga terdapat situs cagar budaya baru Tungku Tigo Sajarangan.

Desa Pertanian
Nagari Pariangan juga menjadi desa pertanian pertama di Minang karena tanahnya yang sangat subur. Pertanian menjadi sumber pangan dan mata pencaharian masyarakat desa. Masyarakat desa yang sangat menghormati para leluhur dan menjunjung tinggi peninggalan sejarah menjadikan sepetak sawah di sana sebagai situs peninggalan.

Sepetak sawah itu diberi nama Sawah Gadang Satampang Baniah yang merupakan sawah pertama yang dibuka oleh Datuk Tantajo Garhano (leluhur masyarakat Minang) telah dijadikan cagar budaya oleh masyarakat setempat. Hal tersebut sebagai bukti bahwa masyarakat Nagari Pariangan begitu menghormati situs-situs bersejarah warisan dari para leluhur. Sawah pertama tersebut berlokasi di ujung jalan utama desa.

Sistem Pemerintahan
Pada saat itu sebutan yang dipakai bukanlah desa, melainkan nagari, maka jadilah Nagari Pariangan, namun pada 1981 terbit undang-undang perubahan sistem pemerintahan di tingkat bawah yang membuat pemerintahan nagari diganti menjadi sistem pemerintahan desa yang berkembang pada masyarakat Jawa.

Hal ini membuat masyarakat Pariangan seperti kehilangan kemandirian dan semangat egalitarianisme yang sejak lama dipraktek kan. Kemudian muncul undang-undang tentang Otonomi Daerah pada 1999 dan kemudian memberi peluang bagi daerah untuk mengembangkan nagiri atau desanya secara mandiri.

Hal tersebut dimanfaatkan Pariangan untuk mengembalikan sistem pemerintahan mereka menjadi nagari kembali. Ciri khas sistem pemerintahan inilah yang kemudian dipakai oleh Sumatra Barat (Sumbar) Membahas tentang kekayaan dan keindahan alam yang dimiliki Indonesia memang tidak ada habisnya. Indonesia selalu memiliki daya tarik tentang pesona alamnya yang kerap menarik perhatian media lokal hingga internasional.***


See Other Articles

Ikon Komputer, Simbol, Jari Telunjuk gambar png


Berkas:WhatsApp logo-color-vertical.svg - Wikipedia bahasa Indonesia,  ensiklopedia bebas    Instagram Logo Vectors Free Download    Facebook Logos PNG images free download    logo twitter – HIMAFIS UB    Logo Messenger realistic icon on transparent PNG - Similar PNG    Kumpulan Gambar Logo YouTube Lengkap - 5minvideo.id