Ilham - Call / WA +6281267 45797...........

Perbedaan 

Nasi Kapau dan Nasi Padang

 

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Nasi Kapau dan Nasi Padang Beda Lho! - Harian  Haluan
Nasi Kapau



Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau yang Sering Dikira Sama
Nasi Padang

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan nasi padang yang identik dengan rendang dan sambel lombok hijaunya, tetapi bagaimana dengan nasi kapau? Orang Indonesia sendiri atau pelancong yang hobi berkunjung ke Sumbar mungkin masih banyak yang kebingungan soal dua makanan khas Sumatera Barat (Sumbar) ini karena dalam sekilas lihat menu makanan yang ditawarkan mirip.

Rumah Makan Padang dan Kedai Nasi Kapau memiliki menu khas seperti gulai sayur nangka yang biasanya terdiri dari nangka muda, kol, dan rebung. Namun ternyata, Nasi Kapau dan Nasi Padang ini punya perbedaan.

Berikut ini perbedaan nya dari Nasi Padang dengan Nasi Kapau agar tidak salah kaprah.

Wilayah
Meskipun sama-sama berasal dari Sumatera Barat (Sumbar). Namun, keduanya ternyata berasal dari wilayah yang berbeda. Nasi Padang dibuat oleh orang-orang Minangkabau di berbagai wilayah Sumbar.

Sementara untuk nasi kapau hanya dibuat oleh orang Kapau yang ada di Nagari atau Desa Kapau yang terletak di Kabupaten Agam. Nasi Kapau atau nasi ramas khas Nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) yang berjarak 4 kilometer dari Kota Bukittinggi atau 74 kilometer dari Kota Padang.
Tampilan Penyajian

Untuk nasi padang biasanya tampilan penyajian penjualnya adalah dengan menumpuk piring-piring berisi menu makanan secara bertingkat di etalasenya.

Sementara itu untuk nasi kapau, menu makanan biasanya ditata secara bertingkat seperti tangga, dari atas ke bawah. Semua menu makanan akan diletakkan di atas meja besar.

Posisi pedagang biasanya berada di belakang meja besar dan berseberangan dengan pelanggang yang duduk di depan meja besar. Tujuan penyajian makanan dengan posisi seperti tangga tersebut bertujuan agar pembeli dapat dengan mudah memilih lauk dan dapat secara langsung mengambil lauk yang pembeli inginkan.

Untuk mengambilnya pun menggunakan centong yang memiliki gagang panjang dari tempurung kelapa digunakan untuk menyendokan gulai ke piring makan pembeli agar penjualnya dapat meraih menu makanan yang diletakkan paling jauh dari tempatnya duduk.
Pilihan Menu

Meskipun sekilas tampak mirip, namun sebenarnya tidak semua menu makanan yang ada di nasi padang bisa ditemukan di nasi kapau pun begitu pula sebaliknya. Inilah yang menjadi identitas tersendiri dari makanan khas Sumbar ini.

Untuk nasi kapau, menu makanannya biasanya terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cancang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (babat) atau paruik kabau. Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas nasi kapau.

Gulai nangka tidak menggunakan banyak santan dan tidak terlalu kental. Gulai dicampur kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol. Di samping gulai nangka, hampir seluruh lauk nasi kapau terdiri dari masakan daging-daging.

Gulai usus (gulai tambunsu) campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi (karena usus kerbau lebih keras), gulai ikan, gulai tunjang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau.

Lauk nasi kapau lainnya yang terkenal adalah rendang ayam sedangkan untuk nasi padang biasanya lebih sering dijumpai rendang daging. Beras nasi kapau harus bermutu tinggi, umumnya dikirim dari Bukittinggi dan Agam.

Cara Pemesanan
Biasanya untuk tamu yang datang ke restoran atau rumah makan padang akan dipersilakan duduk terlebih dahulu kemudian lauk-pauk akan diantarkan ke meja dalam piring-piring yang terpisah kepada pelanggan sedangkan untuk pemesanan di rumah makan atau warung nasi kapau, pembeli biasanya langsung memesan menu lauk-pauk yang diinginkan kemudian penjual akan meletakkan atau menata pilihan lauk-pauknya di piring nasi yang sama.

Itu dia 4 perbedaan mendasar dari nasi padang dan nasi kapau yang sering membingungkan pelancong karena memiliki rasa dan pilihan menu yang sekilas sama.***

See Other Articles

Ikon Komputer, Simbol, Jari Telunjuk gambar png


Berkas:WhatsApp logo-color-vertical.svg - Wikipedia bahasa Indonesia,  ensiklopedia bebas    Instagram Logo Vectors Free Download    Facebook Logos PNG images free download    logo twitter – HIMAFIS UB    Logo Messenger realistic icon on transparent PNG - Similar PNG    Kumpulan Gambar Logo YouTube Lengkap - 5minvideo.id